Senin, 13 Juni 2011

14. Guru-guru Imam Syafi’i Rahimahullah

Imam syafi’i mempelajari ilmu tafsir, fiqih dan hadits kepada guru-guru yang banyak, dari berbagai negeri dimana antara satu negeri dan yang lainnya berjauhan. Guru-guru beliau yang masyhur, di antaranya :
a. Di Mekkah:
1. Muslim bin Khalid az Zanji.
2. Isma'il bin Qusthantein.
3. Sofyan bin Ujainah.
4. Sa'ad bin Abi Salim al Qaddah.
5. Daud bin Abdurrahman al Athar
6. Abdulhamid bin Abdul Aziz.
b. Di Madinah:
7. Imam Malik bin Anas. (pembangun Madzhab Maliki).
8. Ibrahim Ibnu Sa’ad al Anshari.
9. Abdul 'Aziz bin Muhammad ad Darurdi.
10. Ibrahim Ibnu Abi Yahya al Asaami.
11. Muhammad bin Sa’id.
12. Abdullah bin Nafi’.
c. Di Yaman:
13. Mathraf bin Mazin.
14. Hisyam bin Abu Yusuf Qadli Shan’a.
15. Umar bin Abi Salamah (Pembangun Madzhab Auza’i).
16.Yahya bin Hasan (pembangun Madzhab Leits).
d. Di lraq:
17. Waki' bin Jarrah.
18. Humad bin Usamah.
19. Isma'il bin Ulyah.
20. Abdul Wahab bin Abdul Majid.
21. Muhammad bin Hasan.
22. Qadhi bin Yusuf
Demikian daftat nama-nama guru Imam Syafi'i. Dari nama-nama tersebut dapat diketahui bahwa Imam Syafi'i rahimahullah sebelum menjadi Imam Mujtahid telah mempelajari aliran-aliran fiqih Maliki dari pembangunnya Imam Maliki sendiri, telah mempelajari fiqih Hanafi dari Qadhi bin Yusuf dan Muhammad bin Hasan yaitu murid-murid Imam Hanafi di Kufah, telah mempelajari fikih aliran-aliran Madzhab Auza'i di Yaman dari pembangunnya sendiri Umar bin Abi Salamah dan mempelajari fikih Al Leith di Yaman juga dari pembangunnya sendiri Yahya bin Hasan. Jadi dalam dada Imam Syafi'i telah terhimpun fiqih ahli Mekkah, fiqih Madinah, fiqih Yaman dan fiqih Iraq.

Dalam ilmu tafsir beliau telah banyak memperhatikan Tafsir Ibnu Abbas yang pada ketika Imam Syafi’i rahimahullah di Mekkah, tafsir Ibnu Abbas ini sedang maju. Di samping itu sebagai dimaklumi, beliau juga pergi ke Mesir, ke Turki (Anadhuli) dan tinggal pula di Harmalah Palestina, dimana beliau dalam perjalanan itu selalu menghubungi Ulama-ulama dengan bertukar fikiran antara sesamanya. Perjalanan beliau selalu bersifat ilmiyah. Di waktu kecil Imam Syafi'i belajar bahasa 'Arab dari suku Badui Hudzel dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar