Rabu, 22 Juni 2011

21. Ulama-ulama Madzhab Syafi’i abad - IV Hijriyah

Diantara ulama-ulama Syafi'iyah yang besar yang wafat antara tahun 300 dan 400 H. adalah seperti di bawah ini:
23. Ibnul Haddad (wafat 302 H.)
Nama lengkap beliau adalah Sa’id bin Muhammad al Gassani al Qiruwani, lahir pada tahun 219 H. Qiruwani (Qaurawan) adalah nama desa di Mesir.
Pada mulanya beliau penganut madzhab Maliki, kemudian pindah ke madzhab Syafi’i. Kitab karangannya adalah :
1.  Kitabul Amali, fiqih.
2.  Ibadat al Kubra.
3.  Kitabul Maqalat.

24. An Nasai (wafat 303 H.).
Nama lengkap beliau adalah Abu Abdirrahman Ahmad bin Syu'aib bin Ali bin Bahar bin Sinan bin Dinar an Nasai, lahir disatu desa yang bernama Nisa' di daerah Khurasan pada tahun 215 H.
Tercatat dalam sejarah Islam, ketika kaum Muslimin menaklukan daerah Khurasan, mereka datang di suatu kampung dan didapati penduduknya semua wanita, sedangkan laki-lakinya lari dari kampung tersebut. Komandan kaum Muslimin berkata, “Wah ini kampung “Nisa” (wanita), jangan diperangi.” Kemudian kampung tersebut masyhur dengan nama “Qaryah Nisa’” (Kampung Wanita). Dari tempat inilah asalnya Imam Nasai.
Beliau adalah seorang ulama hadits yang terkenal, yang mana kitabnya termasuk kitab hadits yang enam, yaitu Bukhari, Muslim, Abu daud, Ibnu Majah, Tirmidzi dan Nasai.
Guru-guru beliau di antaranya adalah Ishaq Ibnu Rahuyah, Yunus bin Abdul Ja’la (sahabat/murid Imam Syafi’i rahimahullah), Quthaibah bin Said Hasan bin Muhammad Za’farani, Abu Daud as Sijistani dan lain-lain. Tersebut dalam kitab Sunan Nasai di bagian terjemahan pengarang bahwa beliau adalah seorang yang berpegang teguh kepada Madzhab Syafi’i dan mengarang sebuah kitab "Manasik Haji" atas dasar Madzhab Syafi'i.
Diantara kitab-kitab yang dikarang beliau adalah :
1. Kitab hadits Sunan Nasai, 4 jilid besar
2. Kitab Manasik.
3. Kitab Sunan Al Kubra'
4. Dan lain-lain.
Riwayat beliau sedikit menyedihkan. Pada tahun 302 H. beliau datang ke Damaskus, di mana ketika itu yang berkuasa adalah pengikut-pengikut Saidina Mu'awiyah yang membenci Saidina 'Ali radhiyallahu anhu. Banyak orang ketika itu yang menghina Saidina Ali. Imam Nasai bukan kaum Syi'ah, tetapi beliau mencintai Ahlil Bait, khususnya Saidina 'Ali karramallahu wajhah. Beliau mengarang sebuah kitab untuk menerangkan kelebihan-kelebihan Saidina Ali karramallahu wajhah. Dengan keluar dan beredarnya kitab ini menjadikan penguasa di Damaskus marah kepada beliau. Akhirnya beliau diusir dari Damaskus, sampai-sampai kabarnya dipukuli sehingga beliau wafat di suatu tempat yang bernama Ramlah di Syria.
Ada orang mengatakan bahwa jenazahnya dibawa ke Mekkah dimakamkan antara Shafa dan Marwa. Berkata Imam Daruquthni, bahwa Nasai adalah seorang Ulama yang terkenal di zamannya. Berkata Abu Ja'far Thahawi bahwa Nasai adalah Imam ummat Islam seluruhnya. Berkata Abu Ali Naisaburi bahwa Nasai adalah Imam Hadits, tidak ada yang membantah keimamannya itu.

25. Ibnu Surej (wafat 306 H.).
Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Umar bin Surej Abul Abbas al Qadhi. Guru-guru beliau dalam ilmu fiqih adalah Abu Qasim Al Anmary, Hasan bin Muhammad az Za'farani, Abu Sijistani, dan lain-lain.
Mulanya beliau menjadi Qadhi di Syiradzi, kemudian pindah ke Baghdad dan akhirnya masyhur dengan nama Ibnu Surej al Baghdadi. Berkata Imam ad Dhiya', bahwa Ibnu Surej adalah sahabat Imam Syafi’i yang paling pintar dalam ilmu kalam dan ilmu fiqih, (maksud perkataan sahabat di sini ialah pengikut faham). Ibnu Surej ini mengarang kitab-kitab sebanyak 400 buah dalam bermacam-macam ilmu pengetahuan. Kalau tersebut Ibnu Surej dalam kitab Muhazzab, maka beliau inilah yang dimaksudkan.

26. Al Qazwini (wafat 315 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Qasim, Abdullah bin Muhammad bin Ja’far al Qazwini. Berasal dari daerah Qazwin dan pernah menjadi Qadhi di Ramlah (Palestina). Kitab “Sunan Syafi’i” adalah karangan beliau.
Perlu diperhatikan bahwa ada nama Al Qazwini lain dalam madzhab Syafi’i, yaitu Najmudin al Qazwini (wafat 665 H), pengarang kitab fiqih Hawi as Shaghir.

27. Az Zubairi (wafat 317 H.)
Nama lengkap beliau adalah Zubair bin Ahmad bin Sulaiman bin Abdillah bin Ashim Ibnul Mundzir bin Zubair bin Awwam az Zubairi. Berasal dari negeri Basrah, Iraq. Kitab karangannya :
1.  Al Jami’, fiqih.
2.  Riyadatul Muta’allimin.
3.  Kitabul Istikharah wal Istisyarah.
4.  Kitabul Kafi, mukhtashar fiqih.
5.  Kitabul Imarah, siasah.
6.  Kitabul Hidayah.

28. Ibnul Mundzir (wafat 318 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Ibrahim bin Mundzir. Namanya banyak disebut dalam kitab fiqih madzhab Syafi’i yang masyhur pada abad ke IV H. Diantara kitab karangannya :
1.  Al iqtishad fil Ijma’ wal Khilaf.
2.  Al Ausath fis Sunan wal Ijma’ wal ikhtilaf, 15 jilid.
3.  Al Iqna’, fiqih.
4.  Tafsirul Qur’an.
5.  Jami’ul Adzkar.
6.  Kitabus Sunan.
7.  Al Mabsuth, fiqih.

29. Abdullah an Nisaburi (wafat 324 H.),
Abdullah bin Muhammad Ziyad an Nisaburi seorang ulama Syafi’i yang besar pada zamannya itu. Beliau adalah seorang yang banyak menghafal hadits-hadits sehingga diberi gelar juga dengan "hafizh". Beliau adalah seorang ulama yang mula-mula membicarakan tentang "ilmu munasabah", yaitu ilmu tentang persesuaian ayat suci antara satu ayat dengan yang lain. Apa hubungannya, apa pertaliannya maka ayat ini didekatkan dengan ayat yang lain, surat ini didekatkan dengan surat yang lain.
Beliau pernah mencari ilmu ke Baghdad, Syam, Mesir dan berguru kepada Imam Muzanni sahabat Imam Syafi’i. Akhirnya beliau tetap di Baghdad menjadi Imam Ummat Islam Iraq dalam Madzhab Syafi’i. Wafat dan bermakam di Iraq tahun 324 H.

30. Al Asy'ari (wafat tahun 324 H.).
Nama lengkap beliau adalah Ali bin Isma’il bin Abi Basyar Abul Hasan al Asy'ari, lahir tahun 260 H. di Basrah (Iraq). Inilah Ulama besar dalam Ilmu Ushuluddin, perumus dan pembela faham Ahlussunnah wal Jama’ah, yaitu faham Nabi, sahabat-sahabat dan tabi'in yang banyak.
Dalam furu' syari'at beliau penganut yang kuat dari Madzhab Syafi'i. Beliau belajar fiqih kepada Abu Ishaq al Marwadzi, demikian dikatakan oleh Ustadz Abu Bakar bin Furak pengarang kitab Tabaqatul Mutakallimin, dan demikian juga dikatakan oleh ustadz Abu Ishaq al Arfaraini sebagai yang dinukilkan oleh Syeikh Abu Muhammad al Junaidi dalam kitab Syarah Risalah.
Abu Hasan al Asy'ari adalah seorang Ulama Besar, ikutan ratusan juta ummat Islam dari dulu sampai sekarang, karena beliau yang menjadi Imam kaum Ahlussunnah wal Jama'ah sebagai lawan dari kaum Mu'tazilah, kaum Syi'ah, kaum Mujassimah,-dan lain-lain firqah yang sesat.
Beliau banyak mengarang kitab –kitab terutama dalam Ushuluddin untuk membela faham Ahlussunnah wal Jamah. Ada 87  (delapan puluh tujuh) kitab karangan beliau, diantaranya :
1.  Al Istitha’ah fi Naqdhi Istidlalat al Mu’tazilah (Kekuasaan untuk menolak dalil-dalil Kaum Mu’tazilah).
2.  At Tabyin an Ushuluddin  (Penerangan tentang Ushuluddin)
3.  Tafsir Al Qur’an  (Tafsir ayat-ayat yang bertalian dengan Ushuluddin)
4.  Idhahul Burhan firraddi ‘ala Ahliz Zeigh wat Tughyan (Kenyataan dalil untuk menolak orang sesat dan orang yang durhaka)
5.  Jawab Masa-il Jubai  (Jawaban terhadap pertanyaan Ali al Jubai, Guru Kaum Mu’tazilah)
6.  Jawazu Ru’yatillah bil Abshar (Kebisaan melihat Tuhan dengan mata kepala)
7.  Ar Raaddu alal Ibnu Rawandi (Menolak faham Ibnu Rawandi, seorang Mu’tazilah)
8.  Ar Raaddu alad Dahriyiin (Menolak faham Dahriyiin)
9.  Kitabul ‘Amad fi Ru’yatil Bari (Kitab menerangkan sola melihat Tuhan)
10.  Ar Raaddu alal Falasifah (Menolak faham Filsafat)
11.  Kitab Mutasyabih al Qur’an (Menerangkan ayat Mutasyabbih dalam al Qur’an)
12.  An Naqadh ‘ala Iristhathalis (Kritik terhadap faham Ketuhanan Aristoteles)
13.  Al Mukhtashar fit Tauhid wal Qadar (Kitab pendek menerangkan tentang Tauhid dan Qadar Ilahi)
14.  Kitabul Imamah (Kitab mengupas soal Imam dan Khalifah)
15.  Adabul Jidal (Cara-cara kesopanan berdebat)
16.  Naqab Kitabul Ushul lil Jubai (Kritik terhadap kitab Ushuluddin Kaum Mu’tazilah karangan Jubai)
17.  Al jauhar fir Raddi ala Ahliz Zeigh wal Munkar (Kitab Jauhar untuk menolak faham ahli Zeigh dan kesesatan)
18.  Al Kalam alan Nashara (Pembicaran dengan orang Nashara)
19.  Ar Raad ala Ahlil Manthiq (Menolak orasng-orang Ahli Logika)
20.  Kitabul Ma’arif (Kitab menerangkan berbagai ilmu pengetahuan)
Jika ingin mengetahui lebih banyak karangan beliau bacalah Kitab Hadiyatul Arifin, jilid 1, halamn 676 dan 677. Walaupun beliau seorang Imam Besar dalam ushuluddin, tetapi dalam furu' syari'at beliau menganut dan mempertahankan Madzhab Syafi’i rahimahullah. Riwayat beliau yang panjang bacalah dalam buku “I'itiqad Ahlussunnah wal Jama'ah".

31. Ad Daguli (wafat 325 H.)
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Abdurrahman bin Muhammad as Sarakhsi ad Daguli. Beliau termasuk ulama’ ahli hadits, berasal dari Sarakhsi Khurasan. Mengarang kitab hadits bernama “Al Musnad”.

32. Al ishthakhri (wafat 328 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Sa’id, Hasan bin Ahmad bin Zaid bin Isa Ibnul Fadhal al Ishthakhri Parsi. Lahir tahun 24 Hdan wafat 328 H. Banyak kitab karangannya, diantarnya :
1.  Adabul Qadhi, Ilmu untuk Ketua Pengadilan menurut Madzhab Syafi’i
2.  Syarah al Musta’mal, fiqih
3.  Kitabul Aqdiyah, Peradilan dan Pengadilan
4.  Kitabul Fara-idh, Pembagian harta pusaka.
Kitab Adabul Qadhi juga banyak dikarang oleh ulama-ulama dalam lingkungan Madzhab Syafi’i, diantaranya oleh :
1.  Ibnul Qashi (wafat 335 H)
2.  Ibnul Haddad (wafat 345 H)
3.  Al Abbadi (wafat 456 H)
4.  Al Harawi (wafat 335 H)
5.  Jalaluddin as Suyuthi (wafat 911 H)

33. Al Kasrawi (wafat 330 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abdul Hussein, Ali bin Mahdi bin Ali bin Mahdi. Berasal dari Kasrawi di Asbahan, Parsi. Dari tempat asalnya beliau pindah ke Baghdad, dan kemudian termasyhur sebagai ulama’ madzhab Syafi’i. Diantara kitab karangannya adalah ;
1.  Ta’wilul Ahadits, aqidah
2.  Kitabul A’yad
3.  Kitabul Khishal wal Amtsal

34. As Syairafi (wafat 335 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Ja’far bin Ahmad bin Yazid  as Syairafi al Mathiri. Beliau berasal dari Desa Mathiri, Samara, Iraq. Kitab karangannya adalah :
1.  Syarah kitab Risalah, karangan Imam Syafi’i.
2.  Dalailul Ahkam, ushul fiqih
3.  Kitabul Faraidh, harta warisan.

35. Al Aswani (wafat 335 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abdu Raja’, Muhammad bin Ahmad bin Rabi’ bin Sulaiman al Aswani, berasal dari Aswan, Mesir.
Kitab karangannya :
1.  Mukhtashar Kitab Al Muzanni, fiqih dan syair.
2.  Qishasul Anbiya’.

36. lbnul Qashi (wafat 335 H.).
Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Abi Ahmad Abul Abbas Ibnul Qashi, seorang Ulama Syafi’iyah di Thabaristan. Beliau banyak mengarang kitab-kitab, diantaranya "Talkhish",”Al Mifta",”Adabul Qadhi", “Al Mawaqiit",'Adabul Qadha" dan lain-lain. Semuanya atas dasar Madzhab Syafi’i rahimahullah. Guru beliau adalah Ibnu Surej yang terkenal.
Kitab hasil karyanya adalah :
1.  Talkhish, fiqih
2.  Al Miftah, fiqih
3.  Adabul Qadhi, tata cara menjadi ketua pengadilan
Semua kitab atas dasar madzhab Syafi’i.
Kitab Fiqih Talkhis telah disyarah oleh ulama Syafi’i lainnya :
1.  Imam Abu Bakar, Muhammad bin Ali bin Qaffal as Syasyi (wafat 36 H)
2.  Abu Ali, Hussein bin Su’aib as Sinji (wafat 433 H)
3.  Abu Abdillah Muhammad bin Hasan, terkenal dengan nama “Al Khatan” (wafat 386).
Kitab “Al Miftah” adalah kitab fiqih yang mendapat perhatian ulama’ Syafi’i dan banyak disyarah oleh ulama’-ulama’ diantaranya :
1.  At Thabari (wafat 350 H)
2.  Abu Mansyur, Abdul Qadir bin Thahir al Baghdadi (wafat 429 H)
3.  Abu Khalaf At Thabari (wafat 470 H)
4.  Abul Kahiri al Muqaddasi (wafat 480 H)
5.  Al Fasawi (wafat 563 H)

37. As Shu'luki (wafat 337 H.).
Nama lengkap beliau Ahmad bin Muhammad bin Suleiman Abu Thaib As Shu’luki, wafat di Nisabur (Persia) tahun 337 H. Beliau seorang terkuat dan beliau juga Tsiqqah (dipercaya dalam meriwayatkan hadits-hadits Nabi). Wafatnya di Naisabur Persi.

38. Abu Ishaq Al Marwadzi, (wafat 340 H.).
Nama lengkap beliau adalah Imam Abu Ishaq Ibrahim bin Muhammad Al Marwadzi, adalah nama lengkap beliau, dan dilahirkan di sebuah desa yang bernama Marwin, Khurasan di Persi. Beliau meninggal di Baghdad pada tahun 340 H.
Kalau disebut "Abu Ishaq" dalam kitab Muhadzdzab maka beliau inilah yang dimaksudkannya. Sebuah kitab fiqih syarah Mukhtashar al Muzanni karangan Al Muzanni (wafat 264 H) adalah hasil karya Abu Ishaq Al Marwadzi.

39. Al Juwaiqi (wafat 340 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Nashar Ahmad bin Ali bin Thaher al Juwaiqi an Nasafi. Berasal dari Nasaf, Persi dan terkenal sebagai ulama’ ahli fiqih dan ahli hadits.
Kitab karangannya adalah syarah Mukhtashar al Muzanni karangan Imam Syafi’i.

40. Ibnu Surej (wafat 340 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Hafash, Umar bin Ahmad bin Umar, dan terkenal dengan nama Ibnu Surej.
Mengarang kitab Tadzkiratul Alim wal Muta’alim, fiqih. Beliau anak dari Ibnu Surej yang wafat tahun 306 H.

41. As Shubqi (wafat 341 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Ahmad bin Ishaq bin Ayyub an Naisaburi, lahir pada tahun 256 H di Naisabur Persi. Beliau terkenal sebagai ulama ahli fiqih. Kitab karangannya diantaranya :
1.  Fadhilul Khulafa’ al Arba’ah, Keutaman Khalifah empat.
2.  Kitabul Ahkam, fiqih.
3.  Kitabul Asma’ was Shifat, aqidah
4.  Kitabul Imamah, siyasah
5.  Kitabul Iman, aqidah
6.  Kitabul Mabsuth, fiqih.

42. Abu Nashar At Thusi (wafat 344 H.)
Nama lengkap beliau adalah Al Hafidz Abu Nashar, Muhammad bin Muhammad bin Yusuf at Thusi. Terkenal dengan julukan “Syaikhus Syafi’iyyah” , Syaikh orang-orang Syafi’i.
Al Mas’udi mengatakan dalam kitab “Tubuqatil Huffadz”, bahwa At Thusi banyak mengarang kitab.

43. Ibnu Abi Hurairah (wafat 345 H.).
Nama lengkap beliau, Hasan bin Husein Qadhi Abu Ali bin Abi Hurairah. Beliau adalah seorang Syaikh besar dari Madzhab Syafi’i. Beliau mengarang sebuah kitab fiqih Syafi’i dengan nama Syarah Mukhtasar, di mana di dalamnya banyak dimuat masalah fiqhiyah Syafi’iyah.

44. Ibnul Haddad (wafat 345 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar al kinani, Muhammad bin Ahmad bin Muhammad bin Ja’far, dan terkenal dengan nama Ibnul Haddad, dan beliau hafidz hadits. Asalnya Mesir. Kitab karangannya :
1.  Adabul Qadhi ala Madzhabihis Syafi’I, Cara menjadi Ketua Pengadilan Agama sesuai madzhab Syafi’i.
2.  Al Bahir, fiqih.
3.  Jamiul fiqih
4.  Furu’, fiqih
5.  Kitabul faraidh, tarikh 10 juz.
6.  Maulidad, fiqih.
Perlu diperhatikan bahwa Ibnul Haddad ini ahlus sunnah wal jama’ah, bukanlah Ibnul Haddad ulama’ Syi’ah pengarang Syarah Nahjul Balaghah.
Kitab Furu’ pada no 4 di atas adalah kitab fiqih kecil, tetapi btetapi memuat isi yang lengkap dengan pembahasan yang teliti. Kitab ini pernah di syarah oleh ulama’ Syafi’iyyah berikutnya, diantaranya oleh :
1.  Abu Bakar al Qaffal as Syasyi (wafat 36 H.)
2.  Ibrahim al Ustadz (wafat 418 H)
3.  Ibnu Syu’aib as Sinji (wafat 420 H)
4.  Abu Thaib at Thabari (wafat 445 H)
5.  Al Faurani (wafat 461 H)
6.  Abu Bakar as Shadailani (wafat 640 H)

45. Al Mas'udi (wafat 346 H.).
Nama lengkap beliau adalah 'Ali bin Husein bin Ali al Mas'udi, adalah nama lengkap beliau dan lahir di Bagdad. Beliau ini adalah ahli sejarah yang terkenal yang mengarang kitab "Marujuz Zahab" dan kitab Dzakhairul Ulum, al Maqalat fi Ushulid Diyanaat dan kitab Ar Rasail. Ada orang mengatakan bahwa beliau ini adalah cucu dari Saidina Abdullah bin Mas'ud, seorang sahabat Nabi yang terkenal.

46. Ar Razi (wafat 347 H.)
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Abdillah bin Ja’far bin Abdillah bin Junaid ar Razi. Beliau bapak dari Tamar ar Razi, seorang ulama ahli hadits yang terkenal.
Beliau mengarang sebuah kitab “Manaqib Imam Syafi’i”, Tuah Imam Syafi’i.

47. Al Hamdani (wafat 347 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Yahya bin Nu’man al Hamdani, berasal dari Hamdan, Yaman. Beliau keturunan dari suku atau kabilah yang terkenal mempunyai sejarah kebudayan Islam yang tinggi.
Kitab karangannnya adalah :
1.  As Sunan, hadits
2.  At Ta’rif wat Tabyin.

48. Al Katib (wafat 349 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abul Hasan, Muhammad bin Ibrahim bin Yusuf, dan terkenal dengan nam al Katib. Beliau ulama termashur di Baghdad pada zamannya. Diantar kitab karangannya :
1.  Kitabul ibili.
2.  Kitabul bashair
3.  Kitabur rad alal Karkhi
4.  Kitabul Musta’dzab
5.  Kitabul Mufid, hadits.

49. At Thabari (wafat 350 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Ali, Hasan bin Qasim at Thabari, berasal dari Thabaristan Khurasan, dan kemudian pindah ke Baghdad. Guru beliau adalah Ibnu Abu Hurairah.
Diantar karangannya adalah :
1.  Syarah Mukhtasar al Muzanni, fiqih
2.  Al Idhah, fiqih
3.  At Tahdzib, syarah al Miftah karangan Ibnul Qashi (wafat 335 H, fiqih
4.  Kitab ushul, fiqih
5.  Kitabul Jidal.

50. An Naqqasy Al Maushili (wafat 351 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar, Muhammad bin Hussein bin Muhammad bin Ziyad bin Harun, terkenal dengan panggilan an Naqqasy. Banyak kitab karangannya diantaranya :
1.  Isbatud Dirayah an Sirril Wilayah
2.  Isyarah fis Shudur fi Tafsiril Qur’an, tafsir
3.  Al Mudhih fi Ma’nil Qur’an.

51. As Syami (wafat 354 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar bin Abdullah bin Ibrahim As Syami. Dilahirkan di Syam, Syiria, dan terkenal sebagai ulama ahli haditspenganut madzhab Syafi’u.
Mengarang kitab “Ruba’iyyat fil Hadits.

52. Ibnul Abdawih (wafat 354 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin Abdillah bin Ibrahim bin Abdawih.
Berkata Ibnu Atsir dalam kitab karangannya “Al Kamil”, bahwa Ibnu Abdawih mempunyai banyak karangan.

53. Al Muqri (wafat 359 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abdul Qasim, Ubaid bin Amr bin Ahmad al isi, dan terkenal dengan nama Al Muqri. Dilahirkan di Baghdad tahun 295 H. dan wafat di Andalus Spanyol tahun 359 H.
Menurut ahli sejarah Ibnu Katsir dalam kitabnya “Al Kamil”, bahwa Al Muqri banyak mengarang kitab.

54. Ibnul qathan (wafat 359 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Hussein, Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al Qathan al Baghdadi. Seorang ulama madzhab Syafi’i dari qathan dan menetap di Baghdad.
Beliau mengarang kitab fiqih bernama “Al Furu’”.

55. Al Ajurri (wafat 360 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar al Baghdadi, Muhammad bin Hussein bin Abdillah al Ajurri. Dilahirkan di Ajurri Baghdad dan wafat di Makkah. Beliau ulama ahli hadits, dan diantara karangannya :
1.  Mukhtashar, fiqih.
2.  Kitabun Nasihah, fiqih
3.  Kitabus Syari’ah
4.  Kitabul Akhlaqul Ulama’
5.  Tahrim Nard was Sathranji al Malaahi
6.  Akbar Umar Ibnu Abdil Aziz.

56. Ibnul Barhan (wafat 361 H.)
Nama lengkap beliau adalah Ahmad ibnul Hussein bin Sahal al Farisi, terkenal dengan gelaran Ibnul Barhan. Melihat namanya kemungkinan beliau dari Persi, Iran.
Banyak mengarang kitab, diantarnya :
1.  Adz Dzakirah, ushul fiqih
2.  Nushushus Syafi’i, ucapan Imam Syafi’i
3.  Dan lain-lain

57. Abu Sa'ib al Marwadzi (wafat 362 H.).
Nama lengkap beliau adalah lmam Abu Sa'ib al Qadhi Utbah bin Ubaidillah bin Musa. Beliau adalah seorang ulama syafi’iyah yang mula-mula menjabat pangkat Qadhil Qudhaat (Qadhi dari sekalian Qadhi) di Marwan.

58. Abu Hamid al Marwadzi (wafat 362 H.).
Nama lengkap beliau adalah Ahmad bin Basyar bin ‘Ami ar 'Amiri, Qadhi Abu Hamid al Marwadzi, dan berasal dari Marwadzi, Persi. Beliau ini pengarang kitab diantaranya :
1.  “Al Jami'i”, sebuah kitab yang menjadi tiang dari fiqih Syafi'i.
2.  Syarah al Muzzani, yaitu kitab Imam Syafi’i yang diriwayatkan oleh Imam Muzzani (sahabat Imam Syafi’i).
Hampir seluruh Ulama fiqih di Basrah (Iraq) mengambil pengajiannya dari Syaikh Abu Hamid al Marwadzi ini. Apabila dikatakan dalam kitab Syarah al Muhazzab Qaadhi Abu Hamid" maka beliau inilah yang dimaksudkan. Perlu diperhatikan bahwa ada dua nama Al Marwadzi yang terkenal dalam Madzhab Syafi'i, yaitu Syaikh Abu Ishak Ahmad al Marwadzi (wafat 340 H.) dan Syaikh Abu Hamid al Marwadzi ini wafat tahun 362 Hijriyah. 

59. As Sijistani (wafat 363 H.).
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Husein bin Ibrahim Abul Husein as Sijistani. Beliau mengarang kitab "Manaqib Syafi’i".

60. Al Qaffal al Kabiir as Syasyi (wafat 365 H.).
Nama lengkap beliau Muhammad bin Isma'il al Qaffal al Kabiir as Satsi, dilahirkan tahun 291 H. di negeri Satsi di daerah Ma Waraan Nahr (Khurasan). Beliau ini dinamai "Imam lengkap", karena beliau dalam kenyataannya adalah Imam dalam ilmu Hadits, Imam dalam ilmu Tafsir, Imam dalam ilmu Kalam, Imam dalam ilmu Furu’, Imam dalam ilmu Bahasa, Imam dalam kesalihan dan kezuhudan. Pendeknya ulama dalam arti kata yang sebenarnya". 
Dalam ilmu ushuluddin beliau ini belajar langsung kepada Abul Hasan Al Asy'ari Imam Ahlussunnah, tetapi dalam ilmu fiqih Imam Abul Hasan belajar langsung kepada Imam Qaffal al Kabiir ini. Di antara karangan beliau terdapat Kitab fi Ushulil Fiqih, Syarah ar Risalah (Karangan Imam Syafi’i). Dalam ilmu Kalam beliau ini terderet dalam barisan kaum Ahlussunnah wal Jama'ah, pengikut Asy'ari yang terkuat. Dalam kitab Muhadzdzab, tersebut “al Qaffal” dalam bab nikah yang maksudnya adalah beliau ini.
Karangannya yang lain :
1.  Adabul Qadhi ala Madzhabis Syafi’i
2.  Tafsir al Qur’an
3.  Jami’ul Khalil, hadits
4.  Syarah Talkhis, karangan Ibnul Qashi, fiqihSyarah Furu’ ibnul Haddad
5.  Mahasinus Syari’ah, fiqih.

61. Al Azhari (wafat 366 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Mansyur, Muhammad bin Ahmad bin al Azhar bin Thalab bin Nuh al Azhari as Syafi’i. Dilahirkan di negeri Hurrah dan terkenal sebagai ulama’ ahli bahasa.
Kitab karangannya :
1.  Umdatul Fuqaha, fiqih
2.  Nasikh al Mansukh fil Qur’an
3.  Tahdzib fi Lughah, 10 jilid
4.  Tafsir al Ftah al Muzanni.

62. An Naisaburi (wafat 367 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Mansyur, Muhammad bin Hasan bin Muhammad bin Ahmad bin Mansyur al Qurasyi an Naisaburi, berasal dari Naisabur, Persi.
Beliau mengarang kitab Raad ala Abi Na’im al Ashbahani.

63. Al Marwadzi (wafat 371 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Said al Marwadzi, Muhammad bin Ahmad bin Abdillah bin Muhammad, berasal dari Marwin, Khurasan. Beliau murid dari al Qaffal al Kabir.
Beliau mengarang diantaranya :
1.  Kitab Al Iqna’, hadits
2.  Tafsir al Mas’udi

64. Al Hallabi (wafat 375 H.)
Nama lengkap beliau adlah Abul Hussein hasan bin Ahmad bin Muhammad al Hallabi, berasal dari Hallab, suatu daerah di Tabaristan. Beliau menetap di Baghdad sebagai ulama’ ahli fiqih.
Karangannya adlah Al Makhdal fil Jidal.

65. Ad Dariki (wafat 375 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abul Aziz bin Abdullah bin Muhammad bin Abdul Aziz, Abdul Qasim ad Dariki, dilahirkan di Baghdad.
Berkata Imam Hakim : “Ad Dariki adalah seorang ulama’ Syafi’i yang terbesar di Naisabur yang tidak ad tandingannya.”
Berkata Imam Abu Thaib bahwa beliau belum pernah berjumpa dengan seorang yang alim seperti Ad Dariki dalam ilmu fiqih.

66. Ibnu Abi Hatim (wafat 381 H.).
Nama lengkap beliau adalah Abdurrahman bin Abi Hatim Muhammad bin Idris bin Mudzir. Di antata karangan beliau yang banyak, terdapat kitab :
1.  Tafsir Qur’an 4 jilid
2.  Kitab Jarh wat Ta'dil, musthalah hadits
3.  Kitab Rad al Jahmiyah, aqaid
4.  Kitab al Musnad, hadits
5.  Kitab al Fawadil Kabir
6.  Kitab Manaqib Syafi’i (tuah-tuah Imam Syafi’i rahimahullah)

67. Al Ishthakhri (wafat 384 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Muhammad, Abdullah bin Muhammad bin said bin Muharib al Anshari, berasal dari Ishtahakhri. Dilahirkan pad tahun 291 H. dan pernah belajar di Persi, Irak, Hijaz, Syam dan Mesir.
Kitab karangannya :
1.  Syarah Musta’mal, karangan gurunya, fiqih
2.  Dan lain-lain.

68. Ad Daruquthni (wafat 385 H.)
Imam Daruquthni adalah ulama’ ahli hadits dan penganut madzhab Syafi’iyyah dalam fiqih. Hal ini dinyatakan dalam kitabnya “As Sunan” Daruquthni.

69. Al Bashri (wafat 385 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Fayadh, Muhammad bin Hasan al Bashri as Syafi’i, berasal dari Bashrah kemudian menetap di Baghdad. Beliau belajar kepad Abu Hamid al Marwadzi. Kitab karangannya adalah “Al Lahiq alal Jami’”.

70. As Shaimari (wafat 386 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abul Qasim, Abdul Wahid bin Hussein as Shaimari, berasal dari Shaimari, Bashrah, Iraq. Diantara kitab karangannya :
1.  Adabul Mufti wal Mustafti
2.  Al Idhah, fiqih 7 jilid
3.  Al irsyad, tentang qiyash.

71. Al Khatan (wafat 386 H.)
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Hasan bin Ibrahim al Farisi al Istirabidi, berasal dari Istirabidi, Persi.
Beliau mengarang sebuah kitab syarah Talkhis, karangan Ibnul Qashi.

72. As Sarkhasi (wafat 389 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Ali, Zahir bin Muhammad bin Ahmad bin Isa as Sarkhasi, terkenal dengan nama “Syaikh Khurasan”.Srakhasi adlah sebuah nama di Khurasan.
Sebuah kitab karangannya adlah Al Awali, hadits.

73. Ghalbun (wafat 389 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Thalib, Abdul Mun’in bin Abdillah bin Ghalbun Ibnul Mubarak, berasal dari Marokko, kemudian menetap di Mesir. Beliau terkenal sebagai ulama’ ahli qiraat. Kitab karangannay :
1.  Irsyadul Mubtadi fi Qiraat
2.  Nasyrul Mafakhir al Islamiyyah.

74. Al Iraqi (wafat 391 H.)
Nama lengkap beliau adalah Muhammad bin Wahib bin Abdillah al Iraqi.
Banyak mengarang kitab-kitab yang merupakan kumpulan syair dan sajak, sehingga beliau terkenal ulama ahli sastra.

75. Al Jurjani (wafat 392 H.).
Nama lengkap beliau Ali bin Abdul Aziz bin Hasan bin Ali bin Ismail al Jurjani. Jurjani adalah sebuah tempat di Khurasan. Beliau adalah ahli fiqih dan ahli sastra, pandai menggubah puisi, sya’ir dan sajak. Di dalam fiqih beliau mengarang kitab Al Wakalah yang berisikan 4000 masalah fiqih.

76. Al Isma’il (wafat 392 H.)
Nama lengkap beliau adalah Bakar Ahmad bin Ibrahim al Jurjani as Syafi’i, berasal dari Jurjan, suatu daerah Timur Laut, Laut Kaspia. Kitab karangannya :
1.  As Shahih, hadits
2.  Musnad Sayyidina Umar, hadits riwayat Sayyidina Umar
3.  Majamius Syuyukh, kumpulan guru-guru.

77. As Susi (wafat 396 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Abas, Ahmad bin Muhammad bin Zakariyya as Susi, berasal dari negeri Sus. Beliau ulama’ ahli fiqih dan ahli shufi.
Beliau mengarang kitab “Thabaqatus Syafi’iyah, nama-nama ulama’ sampai abad IV H)

78. Ibnu Laal (wafat 398 H.)
Nama lengkap beliau adalah Abu Bakar, Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Muhammad bin Faraj ar Ruzwari, dan terkenal dengan nam Ibnu Laal saja. Kitab karangannya :
1.  Al Amaali, hadits-hadits
2.  As Sunan, hadits-hadits
3.  Al Mu’in ala Sunnatit Talqin, menerangkan sunnatnya talqin bagi orang yang wafat.
4.  Kanzur Raghibin, menerangakn maulud dan wafatnya Nabi

5.  Dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar