Selasa, 28 Juni 2011

27. Ulama-ulama Madzhab Syafi’i Abad - XI Hijriyah.


Ulama-ulama Besar Madzhab Syafi’i yang wafat dalam abad ke XI H. adalah sebagai berikut :
73. Imam ar Ramli (wafat 1004 H.).
Nama lengkap beliau adarah Syamsuddin Muhammad bin Abil Abbas Ahmad bin Hamzah Ibnu Syihabuddin ar Ramli, lahir di Kairo. Beliau ini pengarang kitab Nihayatul Muhtaj (Nihayah), 8 jilid untuk Kitab al Minhai karangan Imam Nawawi. Beliau diberi nama julukan "Imam Syafi’i kecil" dan Mujtahid kurun ke-10. Kitab karangan beliau Nihayatul Muhtaj dikarang dalam abad ke X H. sebagai komentar (syarah) dari kitab al Minhaj karangan Imam Nawawi, kitab fiqih besar dalam Madzhab Syafi’i (8 jilid). Di Indonesia kitab ini sangat terkenal dan terpakai dalam perguruan-perguruan tinggi dan pesantren Syafi‘iyah. Kitab ini setaraf dengan kitab Tuhfatul Muhtaj karya Imam Ibnu Hajar al Haitami (wafat 946 H.) yang iuga pensyarah kitab Minhaj karangan Imam Nawawi rahimahullah.

74. Ar Raniri (1068 H.).
Nama lengkap beliau Syeikh Nuruddin Muhammad Jaelani bin Ali bin Hasanji bin Muhammad Hamid ar Raniri. Dalam kitab "Nuzhaful Khawadir, karangan Abdul Haj Fakhruddin al Hasam, sebuah kitab berbahasa Arab yang menerangkan riwayat hidup Ulama-ulama India pada abad ke 11 H. tersebut nama beliau : Syeikh Nuruddin Muhammad bin Ali Al Hamidy as Syafi’i al Asy'ary al Idrusi ar Raniri as Suraty. Jelas bahwa beliau adalah seorang Ulama besar pada abad ke 11 H. Penganut dan penyebar Madzhab Syafi’i dalam ibadat dan faham Ahlussunnah wal Jama'ah dalam i'tiqad.
Beliau lahir di Ranir, sebuah desa di teluk Kambay Gujarat, India. Belajar agama Islam dalam Madzhab Syafi’i di negerinya dan kemudian belajar di Mekkah al Mukarramah. Di Mekkah beliau berkenalan dengan Syeikh Abdurrauf al Fanshuri, seorang ulama besar bermadzhab Syafi’i juga, berasal dari Fanshur, Barus, Singkil, pantai barat Sumatera. Syeikh Abdurrauf al Fanshuri adalah penterjemah Al-Quran ke dalam bahasa Indonesia, yang diberi nama "Tafsir Baidhawi Melayu". Beliau ini adalah murid dari Ar Raniri. Pada tahun 1047 H. ar Raniri datang ke Aceh, yaitu pada zaman Sulthan Iskandar Tsani (berkuasa dari tahun 1636 M. sampai 1641 M.). Syeikh Nuruddin ar Raniri diangkat sebagai Mufti dalam Madzhab Syafi’i oleh Sultan Iskandar Tsani, karena Sulthan ini pun bermadzhab Syafi’i rahimahullah.
Beliau menetap di Aceh sampai berkuasanya permaisuri Sri Ratu Tajul Alam Shafiyatuddin Syah (berkuasa dari tahun 1641 M. sampai 1675 M. Sesudah 17 tahun tinggal di Aceh maka beliau pulang ke Gujarat, wafat di situ dan bermakam di Ranir juga. Syeikh Nuruddin ar Raniri adalah Ulama besar dalam Madzhab Syafi'i dan Ahlussunnah wal Jama’ah yang jarang tandingannya ketika itu. Beliaulah seorang ulama yang sangat berjasa di Aceh, yang menjadikan Aceh sebagai “Serambi Mekkah”. Beliau juga banyak mengarang kitab, diantaranya :
1. Shiratal Mustaqim, fiqih Syafi’i.
2. Bustanus Salathin, politik Islam.
3. Jawahirul Ma'lum fi Kasyfil Ma’lum, fiqih Syafi’i.
4. Al Iman fi takfiri man Qala bikhalqil Quran (Kitab Tauhid) pembantah orang yang mengatakan bahwa Quran itu makhluk.
5. Syarimus Shiddiq li liqathiz zindiq (kitab menolak faham Wahdatul wujud).
6. Bad'u khalqis Samawaati wal ardhi.
Dan lain-lain, sampai lebih kurang 23 buah.
Ar Raniri adalah seorang Ulama Besar yang sangat anti kepada faham wahdatul wujud dari Hamzah Fanshuri dan Syamsuddin as Sumatrani

1 komentar:

  1. NJ casino to take over William Hill in $2B deal
    MGM 구리 출장마사지 Resorts International is offering a deal to integrate William 목포 출장마사지 Hill in 대구광역 출장마사지 Las Vegas, and 서산 출장샵 MGM 부산광역 출장안마 Resorts International is placing a $2 billion sports betting

    BalasHapus