Rabu, 22 Juni 2011

22. Ulama-ulama Madzhab Syafi’i Abad - V Hijriyah

Ulama-ulama Besar dalam Madzhab Syafi’i yang wafat pada abad ke V ini, di antaranya adalah seperti di bawah ini :
38. Al Baihaqi (wafat 458 H.).
Ahmad bin Husein bin 'Ali bin Abdullah bin Musa, Abu Bakar al Baihaqi an Nisaburi, demikian nama lengkap beliau, dilahirkan di sebuah desa kecil Khusraujirdi di negeri Baihaqi (Nisaburi) pada tahun 384 H. Beliau adalah seorang Ulama Hadits yang terkenal, juga seorang penganut faham Ahlussunnah wal Jama'ah dari Asy'ari dan juga terkenal dalam ilmu Fiqih Syafi'iyah. Beliau banyak mengarang kitab di antaranya :
1. Kitab Ahkamul Quran.
2. Kitab Da'awat.
3. Kitab Al Ba'atsi wan Nutsur.
4. Kitab Az Audul Kabiir.
5. Kitab Al I'itiqad (ilmu Ushuluddin)
6. Kitabul Adaab.
7. Kitabul Asrar.
8. Kitabul Arba'in.
9. Kitab Fadhailul Auqaat.
10. Ktab Al Ma'rifah.
11. Kitab Dalilun Nubuwah.
1.2. Kitab Manaqib Syafi'i.
Menurut Imam Subki dalam kitab Thabaqqatus Syafi'iyah al Kubra, bahwa Imam Baihaqi ini telah mengarang lebih dari 1000 jilid kitab dari bermacam-macam vak. Beliau ini adalah ahli Hadits dan penyiat terbesar dari faham Ahlussunnah wal Jama'ah yang bermadzhab Syafi'i.

39. Ibnul Mahamili (wafat 415 H.).
Ahmad bin Muhammad bin Ahmad, bin Qasim bin Isma'il, Abul Hasan Ad Dhabbi al Mahamili, lahir pada tahun 368 H. Diwaktu kecil beliau dibawa oleh ibunya ke Kufah dan belajar kepada Abi Hasan bin Abi Sirri. Beliau seorang Ulama Besar, banyak mengarang kitab, diantaranya kitab Al Majmu', Al Muqna', Al Lubab. Kalau dalam kitab al Muhadzab tersebut kitab Al Lubab, maka yang dimaksudkan adalah Al Lubab karangan Imam Ibnul Mahamili ini, begitu juga kitab Al Muqna'.

40. At Tsa'labi (wafat 427 H.).
Ahmad bin Muhammad bin Ibrahim, Abu Ishak an Nisaburi as Tsa'labi berasal dari negeri Nisaburi. Beliau adalah seorang Ulama Syafi'i ahli Tafsir yang terkenal, yang sangat masyhur pada abad ke V H. Salah satu fatwa Tsa'labi dalam fiqih, adalah : Darah yang tinggal pada daging dan tulang tidak najis karena susah memelihara darah pada daging itu.

41. AI Asfaraini (lahir 340 - wafat 406 H.).
Ahmad bin Muhammad bin Ahmad al Asfaraini adalah nama lengkap beliau dan berasal dari Asfaraini sebuah desa di Persia dan lahir pada tahun 340 H. Beliau adalah murid dari Ibnul Marzaban dan Syeikh ad Daraki. Berkata Abu Ishaq : "Pada ketika itu berkumpul di tengah Asfaraini ini ilmu keduniaan dan keagamaan di Bagdad”. Berkata Al Khatib : "Telah belajar 300 orang ahli fiqih Syafi’i kepada Ahmad bin Muhammad al Asfaraini ini”.

42. As Syiradzi (wafat 476H.).
Syeikh Ibrahim bin Ali bin Yusuf Abu Ishaq al Firuzabadi as Syiradzi, dilahirkan di sebuah desa yang bernama Firuzabadi, di Syiradzi Persia pada tahun 393 H. Beliau ini adalah seorang Ulama Syafi’iyah yang terkenal pada abad ke V di Bagdad. Karangan-karangan beliau diantaranya :
1. Tanbih.
2. Al Muhazab.
3. Al Luma'.
4. At Tabshirah.
5. Al Mukhish.
6. Al Ma'na.
7. Thabaqatil Fiqaha'.
8. Dan lain-lain banyak lagi.
Di Indonesia beliau ini terkenal dengan kitabnya Al Muhadzab, suatu kitab fiqih Syafi’ i yang besar yang kemudian diberi komentar (syarah) oleh Imam Nawawi dengan kitab Al Majmu (13 jilid). Beliau selain mengarang kitab-kitab, juga menjadi guru besar di Universitas Islam Nizhamiyah di Bagdad, yang dibangun oleh wazir (menteri) kerajaan Saljuk bernama Nizhamul Mulk.

43. As Sinji (wafat 406 H.).
Imam Abu Ali, Husein bin Syu'ib bin Muhammad as Sinji, dilahirkan di Sinji negeri Marwin Khurasan. Guru beliau di Iraq adalah Abu Hamid dan di Khurasan adalah Abu Bakat al Qaffal. Karenanya beliau dapat meneruskan aliran-aliran fiqih Syafi’iyah dari ulama-ulama Iraq dan fiqih Syafi'iyah dari ulama-ulama Khurasan. Beliau ini mengarang kitab "Syarah Mukhtasar” yang dikatakan oleh Imam Harmaini bahwa kitabnya ini adalah kitab Madzhab yang besar. Begitu juga beliau mengarang syarah Talkhish karangan Ibnul Qashi, dan mensyarah kitab “Al Furu" dan Ibnul Hadad. As Sinji terkenal di Iraq, di Khurasan dan Nisaburi, di samping nama beliau banyak disebut dalam kitab-kitab fiqih Syafi’ iyah yang dikarang kemudian.

44. At Thabari (wafat 495H.).
Husein bin'Ali at Thabari pengarang kitab “Al Uddah”. Beliau belajar ilmu fiqih dengan Syeikh Ali Nashir di Khurasan dengan Qadhi Abu Thalib di Bagdad dan dengan Syeikh Abi Ishaq as Siradzi. Ternyata kemudian beliau ini menjadi seorang ulama fiqih Syafi'iyah yang besar dan banyak mengarang kitab-kitab agama serta mengajar pada sekolah Islam Syafi’iyah (Sekolah Tinggi) di Bagdad yang bernama Nizhamiyah.

45. AI Mawardi (wafat 450 H.).
Syeikh Ali bin Muhammad bin Habib Abul Hasan Al Mawardi adalah nama lengkap beliau. Beliau ini pada mulanya adalah murid dari Abu Hamid Al Asfaraini di Bagdad dan kemudian menjadi seorang ulama Syafi'iyah yang besar. Beliau adalah pengarang dari kitab-kitab : Al Hawi dan Iqna' dalam fiqih, kitab Tafsir, kitab Dalilun Nubuah, kitab Al Ahkamus Sulthaniyah, kitab Qanun al Wuzarah, kitab Siyasatul Mulk dan lain-lain. Ternyata bahwa Imam al Mawardi ini adalah ahli fiqih dan ahli siasat pemerintahan, terbukti dengan kitabnya Ahkamus Sulthaniyah yang sampai sekarang masih sangat terpakai dalam kalangan politik ummat Islam.
Ada orang menuduh bahwa Imam Mawardi ini termasuk golongan kaum Mu'tazilah, tetapi Imam Nawawi mengatakan dalam kitab Thabaqaat bahwa tuduhan itu tidak beralasan, hanya dibangkitkan oleh rasa iri hati belaka. Beliau adalah seorang ulama Ahlussunnah wal Jama'ah yang menganut Madzhab Syafi’i. Berkata Al Khathib : "Al Mawardi adalah seotang ulama Syafi’i yang tetkemuka". Kalau dalam kitab-kitab fiqih tersebut kitab 'Al Hawi", maka yang dimaksudkan adalah kitab karangan Mawardi.

46. lmamul Haramain (wafat 460 H.).
Abdul Muluk Al Juwaini, Imam al Haramain, dilahirkan di Persia (Nisaburi) tahun 399 H. Beliau belajar fiqih ke Mekkah, kemudian dipanggil pulang oleh Raja di Persia dan disuruh mengajar pada Madrasah Nizhamul Muluk di Nisabur. Kitab karangan beliau adalah aI Burhan dalam ilmu ushul Fiqih. Kalau ada dalam kitab-kitab Syafi’i disebut Imamul Haramain, maka yang dimaksudkan adalah beliau ini. Imam Ghazali adalah salah seorang dari murid beliau.

47. Al Baqilani (wafat 403 H.).
Qadhi Abu Bakar, Muhammad bin AtThaib bin Muhammad al Baqilani. Seorang Ulama Syafi’iyah yang besar dalam abad ke IV H. Dan wafat dalam abad ke V H. Beliau ini juga penganut dan pengamal dari faham Ahlussunnah wal Jama'ah dari Asy’ari. Kitab karangannya yang terkenal adalah l’jazul Quran, dicetak di Mesir tahun 1315 H. dan kitab “Tahmid” untuk menolak faham-faham Mu'tazilah, Rafidhah dan Khawarij.

48. AI Qusyairi (wafat 465 H.).
Abul Qasyim Abdul Karim bin Hawazin al Qusyairi, demikian nama lengkap beliau, adalah seorang Ulama ahli fiqih, ahli tafsir dan ahli ushuluddin dan istimewa dalam Tasauf. Beliau mengarang kitab-kitab, di antaranya bernama Risalah al Qusyairiyah dicetak di Mesir tahun 1284 H.

49. AI 'Azizi (wafat 494 H.).

Qadhi Abul Ma'ali 'Azizi bin Abdul Muluk seorang ulama Syafi'i yang terkenal-pengarang kitab "Al Burhan fi Musykilati Quran". (wafat 494 H.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar