Rabu, 22 Juni 2011

24. Ulama-ulama Madzhab Syafi’i Abad - VII Hijriyah

Ulama-ulama Besar Madzhab Syafi’i yang wafat dalam abad ke VII, diantaranya adalah sebagai berikut:
54. Ar Razi (wafat 606 H.).
Nama lengkap beliau adalah Abdillah Muhammad bin Umar bin Husein ar Razi. Beliau adalah seorang ulama besar pada abad ke VI yang menganut Madzhab Syafi’i dan juga pahlawan dalam golongan kaum Ahlussunnah wal Jama'ah. Beliau mengarang tentang Manaqib dalam sebuah kitab khusus yang bernama "Manaqib Imam Syafi’i". Di samping itu beliau mengarang kitab fiqih "Al Mashul" dan banyak kitab Mukhtasar yang dikarang oleh beliau. Di antara karangan beliau juga ada kitab Tafsir yang berjudul "Tafsir Mafatihul Ghaib". Inilah ulama besar ilmu Tafsir yang gagah mempertahankan Madzhab Syafi’i dan i'itiqad Ahlussunnah wal Jama'ah dari Asy'ari.

55. Ibnul Atsir (wafat 606 H.).
Nama lengkap beliau adalah Mubarak bin Muhammad bin Abdul Karim bin Abdul Wahid as Syaibani. Beliau hanya dimasyhurkan dengan "Ibnul Atsir". (Pembaca jangan keliru, beliau ini bukan "Ibnul Atsir" ahli tarekh yang terkenal, tetapi beliau ini "Ibnul Atsir", ahli hadits dan penganut Madzhab Syafi’i). Beliau lahir tahun 544 H. di Jazirah dekat Mousul di Iraq. Beliau seorang ulama Syafi'iyah yang besar. Karyanya yang besar yang sekarang juga bertebar di Indonesia adalah kitabnya 'An Nihayah fi Gharibil Hadits wal Atsar", yaitu suatu kitab besar 7 jilid, di mana diterangkan secukupnya sekalian hadits yang sulit artinya. Kitab ini sangat berfaedah bagi ahli-ahli hadits karena daripadanya dapat difahamkan dengan mudah sekalian hadits yang sulit yang disusun secata alfabetis.
Di antara karangan beliau terdapat :
1. Jamiul Ushul fi Ahaditsir Rasul (Syarah hadits).
2. As Syafi'i, Syarah Masnad Syafi'i.
3. Al Mukhtar fi Manaqibil Akhyar.
4. Al Badi'i (Nahwu).
5. Al Insaf (Tafsir).
6. Dan Lain-lain.
Beliau wafat di Jazirah tahun 606 H. seratus tahun kemudian dari Imam Ghazali.

56. Ar Rafi’i (wafat 623 H.).
Abul Qasim Abdul Karim ar Rafi'i, demikian nama lengkap beliau. Gelaran Ar Rafi'i diambil dari nenek beliau Ar Rafi'i bin Khudej sahabat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Beliau meninggal pada tahun 623 H. Beliau dikabarkan seorang yang bertuah. Buktinya walaupun beliau tidak memakai lampu di malam hari, namun dapat juga mengarang karena pelepah kurma bercahaya menggantikan lampu. Ar Rafi'i mendapat kedudukan yang tinggi dalam Madzhab Syafi'i karena beliau berpangkat "Mujtahid Madzhab", sama derajatnya dengan Imam Nawawi.

57. An Nawawi (wafat 676 H.).
Muhyidin Abi ZakaiaYahya bin Syaraf an Nawawi, dilahirkan tahun 630 H. di Nawi sebuah negeri dekat Damaskus (Syria). Beliau adalah ulama besar Madzhab Syafi’i yang terkenal dalam abad ke VII H. di Syria dan sekitarnya. Di Indonesia nama beliau juga terkenal karena kitabnya "Minhajut Thalibin", yaitu suatu kitab yang pertama-tama masuk ke Indonesia di antara kitab-kitab agama Islam lainnya. Kitab itu dipakai dan dipelajari hampir di seluruh madrasah, surau, pesantren di Indonesia sedari abad ke VII itu. Kitabnya MinhajutThalibin itu telah pernah disalin ke dalam bahasa Perancis oleh L.W.C. van de Berg, dengan nama "Minhajut-Thalibin, Manuel de Jurisprudence musulmane selon le ritede Chri'il" 3 jilid, dicetak diJakarta tahun 1882 -1884 M. Kitab Minhaj ini mendapat perhatian besar di kalangan Ulama Syafi’iyah sendiri, sehingga banyak sekali yang mensyarah atau menjelaskan dan menguraikannya lebih luas.
Di antara syarah Kitab Minhaj ini adalah :
1. Tohfah, dikarang oleh Ibnu Hajar al Haitami. Kitab ini dipelajari tammat oleh Pahlawan Diponegoro.
2. Nihayah, dikarang oleh Ibnu Syihabuddin ar Ramli. (10 jilid).
3. Mughni al Muhtaj, dikarang oleh Muhammad as Syarbaini al Khatib. (4 jilid besar).
4. Al Mahalli, karangan Syeikh Jalaluddin al Mahalli. (4 jilid besar).
Selain kitab Minhajut Thalibin, Imam Nawawi mengarang pula kitab-kitab dalam ilmu Hadits, tasauf, tafsir dan lain-lain yang terpakai dalam sekolah agama di Indonesia, seperti kitab-kitab:
1. Syarah Shahih Muslim.
2. Riyadhus Shalihin.
3. Adzkaar.
4. Matan al Arba'in.
5. Al Irsyaad fi Ulumil Hadits.
6. At Taqrib.
7. Al Mubhimaat.
8. Al Tahrirul al-Fazh.
9. Al'Umdah.
10. Al Idhah.
11. Al Manasik.
12. At Tibyan fi adabi hamlatil Quran.
13. Al Fatawi.
14. Ar Raudhah.
15. Al Majmu' Syarah Muhadzab.
16. Dan lain-lain.
Kata orang, kalau dihitung karangannya dibanding umurnya, maka terdapat setiap hari beliau mengarang 4 helai, yaitu 8 halaman penuh. Beliau mendapat kedudukan yang tinggi dalam Madzhab Syafi'i yaitu menjadi "Mujtahid Madzhab".

58. lzzuddin bin Abdis Salam (wafat 606 H.).
Nama lengkap beliau 'Izzuddin Abdu l'Aziz bin Abdis Salam bin Abil Qasim. (kadang-kadang nama beliau dipendekkan saja dengan 'lzz bin Abdissalam'. Lahir di Damaskus tahun 577 H. Sejak mudanya beliau belajar fiqih Syafi’i kepada Syeikh Ibnu 'Asakir, Syeikh Syaifuddin al Ahmad dan lain-lain. Beliau menjadi seorang ulama besar pada ketik aitu, sehingga diberi gelar julukan “Sultan Ulama". Sampai tahun 633 H.  beliau tinggal di Damaskus menjadi guru, mengarang kitab-kitab agama, bertabligh, berfawa dan kadang-kadang menjadi Qadhi. 
Beliau adalah seorang ulama yang tidak segan-segannya mengatakan yang hak kepada raja-raja yang berkuasa. Ia mengecam sekeras-kerasnya sikap Sulthan Damaskus Shalih Ismail al Ayubi karena Sulthan main mata dengan kaum Salib. Maka ia ditangkap dan dipenjarakan. Kemudian beliau pindah ke Kairo dan diangkat oleh penguasa di Kairo menjadi Qadhil Qudhat (Kepala seluruh Qadhi). Tetapi kemudian ia berhenti dari jabatannya itu karena berselisih faham dengan Waziruddalah Ya'isyuddin Hasan. Beliau tinggal bertekun mengajar fiqih Syafi’i pada Madrasah Shahiliyah, di samping mengarang dan berfatwa. Orang banyak melihat bahwa derajat beliau sudah sampai ke derajat Imam Mujtahid, tetapi beliau mengatakan belum bisa terpiku soal itu karena beratnya. Beliau tetap menganut Madzhab Syafi’i dan mempertahankan sekuat-kuatnya. Beliau adalah pejuang melawan serbuan Tartar ke Mesir di bawah komando Raja Quthuz, sehingga Ummat Islam mendapat kemenangan pada perjuangan di Sungai Jalut melawan laskar Tartar.
Di antara murid beliau yang kemudian menjadi ulama besar pula adalah Syeikh Taqiyuddin Ibnu Daqiqul 'Id, dan murid inilah yang memberikan gelar "Sulthan Ulama" kepada beliau. Beliau banyak mengarang kitab-kitab besar dalam ilmu fiqih, tafsir, hadits, tauhid, tashauf dan lain-lain. Ada 30 buah kitab agama karangan beliau.
Karangan-karangannya yang besar adalah :
1. Qawa'idul Ahkam fi Mashalihil Anaam, yang dinamakan juga dengan'Al Qawaidul Kubra". 
2. Madzazul Quran.
3. Fatawi al Mashriyah.
4. Al Fawaid fi Musykilil Quran, yaitu sebuah kitab yang sangat berharga menerangkan soal-soal yang musykil dalam ayat-ayat al Quran. (Kitab ini tersimpan dalam Kutub Khanah pengarang buku ini, cetakan Kuwait).
5. Dan lain-lain.
Beliau wafat dan bermakam di Kairo tahun 660 H. dalam usia 83 tahun yang penuh dengan perjuangan, penuh dengan berfatwa, mengarang, berpidato dan menjadi Qadhi.

Inilah bintang Ulama Syafi’i dalam abad ke VII H.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar